Analisis Tes Psikologis

PENDAHULUAN
Pada era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah sangat maju dan pesat, hal ini terlihat dari kemajuan transportasi dan alat teknologi di beberapa Negara di dunia. Salah satu contoh dari perkembangan teknologi saat ini adalah internet. Dengan adanya internet kita bisa memperbanyak ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan, serta bisa mencari segala sesuatu sumber informasi yang tentu bisa membantu kehidupan manusia. Misalnya seperti adanya psikotes online, banyak orang yang menggunakan psikotes online untuk mengetahui tingkat kecerdasan intelektual dan untuk mengasah kemampuan mereka sebelum menghadapi tes psikotes yang akan dihadapi saat melamar kerja atau masuk perguruan tinggi.

TEORI
Tes Psikologi adalah sebuah alat ukur untuk mengetahui kepribadian seseorang. Dengan tes ini kita dapat mengetahui kepribadian seseorang. Tes psikologi ini sudah sangat luas digunakan di banyak negara untuk maksud-maksud tertentu di berbagai bidang, misalnya bidang penelitian, pendidikan, militer, industri dan lain-lain. Sejak tahun 1972, tes psikologi ini telah mulai digunakan di Indonesia, setelah sebelumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan disesuaikan dengan latar belakang sosial budaya di Indonesia serta lolos tes validasi yang dilakukan secara statistik. Jadi tes ini bukan sekedar tes yang mengadopsi/sekedar menterjermahkan dari tes-tes yang ada di luar negeri. Menurut Anne Anastasi (1976) bahwa tes pada dasarnya adalah suatu pengukuran yang obyektif dan standar terhadap sampel perilaku. Brown (1976) mengatakan bahwa tes adalah suatu prosedur yang sistematis guna mengukur sample perilaku seseorang. Nampaknya Brown menganggap bahwa cirri sistematis tersebut telah mencakup pengertian obyektif, standar, dan syarat-syarat kualitas lainnya.

a. Tujuan Tes Psikologis
• Agar seseorang mampu mengenali aspek – aspek dirinya
• Seseorang mampu untuk menerima keadaan dirinya secara lebih objektif
• Membantu seseorang mengemukakan berbagai aspek dalam dirinya
• Membantu seseorang untuk mengelola informasi pada dirinya
• Membantu seseorang merancanakan masa depannya

b. Jenis Tes yang diukur melalui psikotes

1. Tes Intelegensi atau IQ test
Pada tes ini Anda akan dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan kemampuan intelegensi anda, seperti pemahaman masalah-masalah sehari-hari, logika berfikir, daya abstraksi, kemampuan menyelesaikan permasalahan, strategi berfikir, daya ingat, kemampuan teknis dan hal-hal lain yang terkait dengan fungsi kognitif Anda. Intinya tes ini mengukur segala sesuatu terkait potensi intelegensi Anda dan optimalisasi dari potensi tersebut saat ini.
2. Performance Test
Pada tes ini diberikan dalam deret Angka dimana Anda harus menjumlahkan angka-angka yang ada dalam lembar kerja Anda. Tes ini sering dilakukan terutama dalam setting industri.
3. Personality Test
Tes ini untuk melihat kecenderungan kepribadian seseorang seperti kecendrungan Anda melihat diri sendiri dan lingkungan, bagaimana berinteraksi dengan lingkungan, bagaimana menghadapi situasi yang memberikan tekanan, bagaimana merespon permasalahan, konsep diri dan masih banyak hal lain. tes kepribadian adalah kebiasaan-kebiasaan, bagaimana orang memandang masalah yang sedang ia hadapi, kondisi emosi, pola interaksi baik dengan diri sendiri maupun orang lain atau lingkungan sekitarnya, bagaimana merespon tekanan, motivasi, bahkan dari tes kepribadian ini bisa dilihat juga taraf kecerdasannya.

ANALISIS
Keuntungan menggunakan psikotes online
• Kita tidak perlu bersusah payah untuk mengunjungi tempat tes
• Kita tidak perlu menunggu hasil tes hingga beberapa hari atau minggu
• Kita tidak perlu membayar (gratis)
• Bisa mengerjakan soal psikotes dimana saja dan kapan saja

Kerugian menggunakan psikotes online
• Kita tidak mengetahui sumber akurat pembuat tes
• Kerugian pada mahasiswa atau lulusan psikologi karna secara tidak langsung perkerjaan mereka akan tergantikan dengan psikotes online
• Adanya kunci jawaban yang tertera di soal psikotes membuat kita curang dalam mengerjakan soal soal psikotes online

Daftar Referensi

Ismara, ima. Analisis Tes Psikologis. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta. ppt
http://www.soalcpns.web.id/2013/08/soal-tes-intelegensi-umum.html
http://accuratehealth.blogspot.com/2010/08/manfaat-tes-psikologi.html
http://library.gunadarma.ac.id/repository/view/373678/psikotest-online-denganmenggunakan-moodle-1911.html/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s