Membuat Tree pada Command Prompt

Pertama-tama saya akan menjelaskan bagaimana cara masuk ke command prompt pada Windows. Langkah pertama yang harus dilakukan, yaitu:

1. Klik menu Start,

2. Ketik “cmd” pada kotak run, lalu enter.

Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Command Prompt

 

Selanjutnya, setelah jendela command prompt terbuka, berikut ini saya akan menjelaskan proses pengerjaan command prompt pada Windows:

1. Pertama-tama sebelum membuat folder baru, kita harus mengetik “ D: ” dengan maksud supaya folder yang nanti akan dibuat akan tersimpan di data pada komputer kita.

2. D:\>MD FILM → MD yang artinya make directory,fungsinya untuk membuat folder. Maksud dari MD FILM adalah membuat folder baru dengan nama folder FILM.

3. D:\>CD FILM → CD yang artinya change directory, fungsinya untuk berpindah direktori dari direktori sekarang ke direktori lainnya. Maksud dari CD FILM adalah supaya berpindah ke folder FILM.

4. D:\FILM>MD BARAT INDONESIA → artinya setelah membuat folder FILM, kita juga membuat folder BARAT dan folder INDONESIA di dalam folder FILM.

5. D:\FILM>CD INDONESIA → artinya kita berpindah/memasuki folder INDONESIA.

6. D:\FILM\INDONESIA>MD DRAMA ACTION HOROR → artinya kita membuat folder DRAMA, ACTION dan HOROR di dalam folder INDONESIA dan folder FILM.

7. D:\FILM\INDONESIA>CD.. → artinya kita berpindah folder ke folder sebelumnya, yaitu dari folder INDONESIA berpindah ke folder FILM.

8. D:\FILM>BARAT>MD DRAMA ACTION HOROR → artinya kita membuat folder DRAMA, ACTION dan HOROR di dalam folder BARAT dan folder FILM.

9. D:\FILM>BARAT>CD.. → artinya kita berpindah folder ke folder sebelumnya, yaitu dari folder BARAT berpindah ke folder FILM.

10. D:\FILM>CD INDONESIA → artinya kita berpindah/memasuki folder INDONESIA.

11. D:\FILM\INDONESIA>CD DRAMA → artinya kita berpindah atau memasuki folder DRAMA.

12. D:\FILM\INDONESIA\DRAMA>MD GIE AADC → artinya kita membuat folder baru di dalam folder DRAMA, INDONESIA, dan folder FILM dengan nama folder GIE dan AADC.

13. D:\FILM\INDONESIA\DRAMA>CD.. → artinya kita berpindah folder ke folder diatasnya, yaitu dari folder DRAMA berpindah ke folder INDONESIA dan folder FILM.

14. D:\FILM\INDONESIA>CD ACTION → artinya kita berpindah atau memasuki folder ACTION.

15. D:\FILM\INDONESIA\ACTION>MD MERANTAU THE-RAID → artinya kita membuat foler baru di dalam folder ACTION, INDONESIA, dan folder FILM dengan nama folder MERANTAU dan THE-RAID. Fungsi tanda strip (-) pada tulisan THE-RAID adalah untuk menyatukan kata “THE RAID”, sehingga saat kita TREE nanti kata “THE RAID” tidak terpisah sendiri-sendiri.

16. D:\FILM\INDONESIA\ACTION>CD.. → artinya kita berpindah folder ke folder diatasnya, yaitu dari folder ACTION berpindah ke folder INDONESIA dan folder FILM.

17. D:\FILM\INDONESIA>CD.. → artinya kita berpindah folder ke folder sebelumnya, yaitu dari folder INDONESIA berpindah ke folder FILM.

18. D:\FILM>CD BARAT → artinya kita berpindah/memasuki folder BARAT.

19. D:\FILM\BARAT>CD ACTION → artinya kita berpindah atau memasuki folder ACTION.

20. D:\FILM\BARAT\ACTION>MD THE-AVENGERS THE-EXPENDABLES → artinya kita membuat foler baru di dalam folder ACTION, BARAT, dan folder FILM dengan nama folder THE-AVENGERS dan THE-EXPENDABLES. Fungsi tanda strip (-) pada tulisan THE-AVENGERS dan THE-EXPENDABLES adalah untuk menyatukan kata “THE AVENGERS” dan kata “THE EXPENDABLES”, sehingga saat kita TREE nanti kata “THE AVENGERS” dan “THE EXPENDABLES” tidak terpisah sendiri-sendiri.

21. D:\FILM\BARAT\ACTION>CD.. → artinya kita berpindah folder ke folder diatasnya, yaitu dari folder ACTION berpindah ke folder BARAT dan folder FILM.

22. D:\FILM\BARAT>CD HOROR → artinya kita berpindah atau memasuki folder HOROR.

23. D:\FILM\BARAT\HOROR>MD SCREAM → artinya kita membuat folder baru dengan nama folder SCREAM di dalam folder BARAT dan folder FILM.

24. D:\FILM\BARAT\HOROR>CD.. → artinya kita berpindah folder ke folder diatasnya, yaitu dari folder HOROR berpindah ke folder BARAT dan folder FILM.

25. D:\FILM\BARAT>CD.. → artinya kita berpindah folder ke folder sebelumnya, yaitu dari folder BARAT berpindah ke folder FILM.

26. D:\FILM>TREE → fungsinya untuk melihat hasil apa yang telah kita kerjakan. Hasil yang akan ditampilkan adalah struktur direktori yang aktif saat itu dalam bentuk pohon.

Berikut tampilan gambar setelah di TREE:

Tampilan TREE

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s