Pohon Mangga

POHON MANGGA

Klasifikasi ilmiah:

Kerajaan        : plantae

Filum              : magnoliophyta

Kelas               : magnoliopsida

Ordo               : sapindales

Famili            : anacardiaceae

Genus             : mangifera

Spesies          : m. indica

Pohon mangga bernama ilmiah mangifera indica. Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga.  Nama ilmiahnya sendiri kira – kira mengandung arti :(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari india”.

Berasal dari sekitar perbatasan india dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah seperti palem atau poh.

Ciri ciri pohon mangga

1. Akar pohon mangga

Pohon mangga memiliki Akar Tunggang, jenis akar ini dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil). Fungsinya akar adalah agar pohon dapat menyerap air untuk kelangsungan hidup, akar juga berfungsi untuk menunjang berdirinya tumbuhan agar tumbuhan berdiri kokoh.  Selain itu akar pohon juga berfungsi sebagai alat pernapasan dan sebagai penyimpanan makanan cadangan pada pohon.

2. Batang pohon mangga

Pohon mangga memiliki ciri batang berkayu, batang berkayu memiliki kambium. kambium mengalami dua arah pertumbuhan yaitu arah dalam dan arah luar. Ke arah dalam cambium membentuk kayu, sedangkan ke arah luar membentuk kulit. Fungsi batang adalah untuk menopang, pengankut air dan zat makanan, penyimpanan makanan cadangan, serta sebagai alat berkembangbiak.

3. Daun pohon mangga

Daun pohon mangga berbentuk menyirip. Tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip – sirip ikan. Fungsi daun adalah pembuatan makanan, pernapasan, dan penguapan.

4. Bunga pohon mangga

Berbentuk bulir hujung, dengan panjangnya sebanyak 1-040 sentimeter. Saiz setiap bunga kecil sahaja dan berwarna putih, dengan lima kelopak sehingga 5 – 10 milimeter panjangnya. Bau bunga ini sedikit harum seakan – akan bau lili. Selepas kelopak bunga luruh, buahnya memakan masa 3 – 6 bulan untuk masak.

http://Id.wikipedia.org/wiki/Mangga

http://ms.wikipedia.org/wiki/mangga

Nurachmandani, Setyo. Ilmu Pengetahuan Alam. 2008. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s