Ilmu Budaya Dasar

BAB I

Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu MKDU

A.   PENGERTIAN

 

Ilmu sosial dasar (ISD) adalah ilmu pengetahuan yang memperlajari masalah – masalah social yang timbul dan berkembang dengan menggunakan pengertian – pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu social. Teori – teori yang berasal dalam lapangan ilmu – ilmu social seperti geografi social, sosiologi, antropologi social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social dan sejarah)

B.   TUJUAN

1. sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta agama

2. Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah

dan kenyataan-kenyataan sosial yagn timbul di dalam masayrakat Indonesia

3. Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan mereka berkomunikasi

C.   ISD dan IPS

Ilmu social dasar (ISD) dan Ilmu pengetahuan dasar (IPS) kedua – duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.

Persamaan diantaranya adalah:

  • Kedua – duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/ pengajaran.
  • Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  • Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social.

Perbedaan diantaranya adalah:

Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Pengetahuan Sosial

Diberikan di Perguruan Tinggi

Diberikan di Sekolah Dasar atau Sekolah Lanjutan

Satu matakuliah tunggal

Kelompok daari sejumlah mata pelajaran

Diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian

Diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan

D.   Ruang Lingkup ISD

 

ISD meliputi dua kelompok utama, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga social. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi. Sasaran STUDI ISD adalah aspek – aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai mahluk social dan masalah – masalah yang terwujud dari padanya. Materi ISD terdiri atas masalah – masalah  social, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan – kenyataan social dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ilmu social dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu,

  • Kenyataan – kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu – ilmu social, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam ilmu social dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/ multidisiplin.
  • Konsep – konsep social atau pengertian – pengertian tentang kenyataan kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah – masalah social yang dibahas dalam ilmu pengetahuan social.
  • Masalah – masalah social yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan – kenyataan social yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.

Sumber:

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/04/tinjauan-tentang-ilmu-budaya-dasar-7/

http://tyomulyawan.wordpress.com/pengertian-dan-tujuan-ilmu-sosial-dasar/

http://wisnusukma.blogspot.com/2012/11/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s